Thursday, July 14, 2016

[Review Manga] Urban Legend Jr.



Judul : Urban Legend Jr.
Judul Jepang : Toshi Densetsu Jr.
Karya : Ryo Azuki

Komik ini adalah komik horror buatan Ryo Azuki yang di terbitkan oleh M&C. Urban Legend Jr. berisi 4 cerita horror dengan kisah dan tokoh utama yang berbeda. 4 cerita tersebut berjudul Manhole, Kotodama, Seven Mysteries Girl, dan Playing Ghost.




  • MANHOLE

Menceritakan tentang urban legend mengenai anak-anak yang tinggal di saluran pembuangan air. Tokoh utama pada cerita ini yaitu Yui dan Yuya. Keduanya adalah teman satu tempat les. Yui merupakan anak perempuan yang sering mendapat nilai jelek, sedangkan Yuya merupakan anak laki-laki yang sangat pintar dan dari keluarga elit. Keduanya memiliki hobi yang sama, yaitu memperhatikan tutup riol (tempat pembuangan air). Suatu hari, keduanya sedang diserang oleh anak brandal, hingga akhirnya di tolong oleh Tokio. Tokio terlihat seumuran dengan Yui dan Yuya. Ternyata Tokio memiliki tempat persembunyian yang tidak diketahui oleh orang dewasa, yaitu tempat pembuangan air. Disana tidak hanya Tokio yang mengetahui tempat itu, namun anak-anak lain juga ikut berkumpul disana. Tempat pembuangan air di jadikan 'surga' oleh anak-anak. Yui dan Yuya pun terpesona dengan tempat tersebut dan mulai sering mengunjungi tempat itu. Hingga suatu hari masing-masing orang tua Yui dan Yuya mulai merasa aneh dengan sikap anaknya yang sering pulang telat. Yui pun dimarahi karena dipaksa untuk kursus tambahan, akhirnya kabur ke tempat pembuangan. Di saat yang sama, Yuya di ancam oleh ayahnya dan akhirnya memberitahukan tempat tersebut. Ayah Yuya mengamuk dan menghancurkan tempat tersebut. Semua kabur, begitu juga dengan Yuya, pergi bersama dengan Tokio dan tidak kembali lagi. Yui memilih untuk kembali ke rumah dan meminta maaf atas perbuatannya. Beberapa tahun kemudian Yui bertemu kembali dengan Yuya dengan wujud yang berbeda.



  • KOTODAMA
Menceritakan tentang seorang anak bernama Miyu, anak perempuan yang baik dan cara bicara yang halus, serta Akane, teman sekelas Miyu yang suka berkata kasar kepada semua orang. Suatu hari Miyu menceritakan kepada teman sekelasnya mengenai Kotodama, yaitu dewa yang tinggal di kuil kecil yang dapat mengabulkan permohonan. Suatu hari, Akane, mendapat tugas untuk membuat ikat kepala untuk teman sekelasnya. Pada malam itu ia membuat ikat kepala seorang diri. Keesokan harinya ketika ia mebagi-bagikan kepada temannya, Akane mengatakan hal yang kasar kepada Miyu karena jahitan pada ikatan kepalanya tidak rapi, sehingga Miyu lari ke kuil kecil dan meminta Kotodama untuk mengabulkan permohonannya, yaitu menghidupkan kembali mamanya yang sudah meninggal. Namun tidak terjadi apa-apa. Akane mengatakan lagi, bahwa cara untuk dikabulkan permohonannya adalah memberikan persembahan kepada dewa. Akane memaksa Miyu untuk mengorbankan hamster kesayangannya, namun Miyu memberontak hingga tidak sengaja menghancurkan kuil tempat Kotodama tinggal. Tiba-tiba muncul lubang hitam yang menarik Akane kedalamnya, ia pun meminta tolong diselamatkan oleh Miyu, namun Akane harus berjanji agar tidak mengucapkan kata-kata kasar lagi. Setelah itu Akane akhirnya diselamatkan oleh Miyu, dan keesokan harinya lubang tersebut hanya dianggap sebagai bekas hujan.


  • SEVEN MYSTERIES GIRL
Menceritakan tentang gosip yang berada di sekolah, yaitu ketika seseorang mengetahui 7 kisah horror di sekolahnya, maka 1 permohonannya akan dikabulkan oleh roh pelindung. Hitomi adalah seorang anak yang ikut club melukis, namun ia di bully oleh teman-temannya karena Hitomi dianggap mendapat perhatian lebih oleh guru populer. Sebenarnya, hanya Hitomi yang benar-benar mengikuti kegiatan club, anggota lainnya hanya bermain-main saja dikelas, hingga dimarahi oleh guru pembimbing dan dikeluarkan dari club. Suatu hari, Hitomi telat datang ke ruang club, tanpa sengaja ia melihat gurunya terjatuh dari jendela lantai 3. Ia pun sangat menyesal karena telat datang ke ruangan dan membiarkan guru tersebut terjatuh, dan masuk rumah sakit. Ketika Hitomi berada di ruang club seorang diri, ia menemukan gelang yang biasa digunakan oleh teman yang membully nya. Di saat itu juga tiba-tiba Hitomi mengetahui ke tujuh misteri yang ada di sekolahnya. Orang-orang yang membully Hitomi melihat Hitomi menemukan gelang yang terjatuh. Untuk menutupi kesalahannya, mereka berniat untuk melempar Hitomi dari jendela juga. Akhirnya Hitomi memohon kepada roh pelindung untuk menyelamatkannya, namun ternyata permohonan tersebut harus ada balasannya, yaitu nyawa dari orang terpenting bagi Hitomi.


  • PLAYING GHOST

Menceritakan tentang seorang anak perempuan bernama Rina baru pindah ke sekolah baru. Kedatangannya cukup membuat kaget teman sekelasnya, terutama ketika ia harus duduk di bangku bekas Saeki, seorang anak yang meninggal akibat kecelakaan. Mulai dari barang hingga tingkah laku Rina mirip dengan Saeki. Semenjak kepindahan Rina, hantu Saeki mulai bergentayangan di sekitar kelas tersebut. Hingga Rina mendapat kabar mengenai permainan yang ada di kelas itu, yaitu 'main hantu-hantuan'. Permainan tersebut adalah permainan membully secara tidak langsung, dimana pemeran hantu akan di kucilkan, di abaikan, di anggap tidak ada, hingga dijahati. Hal tersebut terjadi kepada Saeki. Rina pun mulai menyelidiki apa yang terjadi, termasuk mengenai kematian Saeki yang di anggap tidak wajar olehnya. Akhir cerita, semua misteri terkuak siapa pelaku gentayangan Saeki, apa hubungannya Saeki dengan Rina, dan bagaimana Saeki meninggal. Rina pun akhirnya memilih untuk meninggalkan sekolah tersebut dan kembali ke tempatnya semula.


Di Jepang sendiri, komik ini sudah termasuk komik lama, karena diterbitkan pertama kali tahun 2006. Namun di Indonesia baru diterbitkan 2016. Untuk baca onlinenya, belum sempet aku cari. Entah ada apa ngga, buku ini aku baca langsung komik fisiknya. Untuk keseluruhan cerita, tidak ada salahnya buat di baca, lumayan menarik tiap cerita-ceritanya.

No comments:

Post a Comment